Objek wisata

Adapun tempat yang dapat kita kunjungi apabila kita menggunakan commuter line sebagai jalur wisata yaitu:
1.      Stasiun Gambir dan Stasiun Juanda 
Sekitar Stasiun Gambir kita dapat menjumpai tempat wisata terdekat dari Stasiun Gambir antara lain :

Masjid IstiqlalMajid Istiqlal
Berada di samping Monumen Nasional di pusat kota Jakarta. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Masjid ini memiliki puluhan pintu, dan memiliki replika Al-Quran di depan pintu masjid. Masjid ini dijadikan tempat beribadah umat Islam sekaligus tempat wisata rohani. Masjid ini pernah dikunjungi oleh Presiden Amerika yaitu Barack Obama saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 10 November 2010.

1.       Jam buka : Buka Setiap Hari , Kamis : Tutup untuk kunjungan
2.       Harga Tiket Masuk : Gratis
3.       Perkiraan waktu tempuh : Terletak di seberang Stasiun Juanda dan hanya 5 menit dari stasiun kereta api Gambir
             Monumen Nasional (Monas)   
Monumen NasionalBerada tepat di jantung kota Jakarta, Monas yang memiliki taman seluas 80 Hektar ini merupakan titik nol hitungan pemetaan Jakarta. Bangunan ini dilambangkan dalam bentuk lidah api terbuat dari perunggu seberat 143 ton dan dilapisi dengan 35 Kg emas murni. Di ruang bawah monumen terdapat museum diorama yang menggambarkan perjalanan sejarah bangsa Indonesia, ruang kemerdekaan dimana kita dapat mendengarkan rekaman suara bung Karno saat membaca naskah proklamasi, pengunjung dapat mencapai puncak monumen dan menyaksikan panorama kota Jakarta.

1.       Jam buka : Setiap Hari, Jam 08.00 – 15.00, Senin akhir tiap bulan dan hari libur nasional : Tutup
2.       Harga Tiket Masuk : Dewasa : Rp. 5000, Mahasiswa : Rp. 3000, Anak : Rp. 2000
3.       Harga Tiket Puncak Monas: Dewasa : Rp. 10.000, Mahasiswa : Rp. 5000, Anak : Rp. 2000
Perkiraan waktu tempuh :  Terletak di seberang Stasiun Juanda dan hanya 5 menit dari stasiun kereta api Gambir.
Museum Nasional  
Museum
Museum ini tertua dan terbesar di Indonesia, telah dua abad lamanya Museum Nasional berdiri. Koleksi museum ini seperti karya seni persembahan pande (pandai) emas dari kerajaan Kutai untuk keluarga Raja, berupa kalung emas berhias batu berlian bermotif dua ekor naga yang saling membelit, yang memberi makna kesuburan. Koleksi lainnya adalah keramik, numismatik dan heraldik, arkeologi, geografi dan etnografi.
1.      Jam  Buka: Selasa - Kamis : 08:00 - 14:30, Jumat : 08:00 - 11:30, Sabtu : 08:00 - 13:30, Minggu : 08:00 - 14:30, Senin dan hari libur nasional : Tutup
2.      Harga Tiket Masuk : Dewasa : Rp. 5000, Mahasiswa : Rp. 3000, Anak : Rp. 2000
3.      Perkiraan waktu tempuh : Terletak di seberang halte Monumen nasional. 10 menit dari Stasiun kereta api Gambir. 5 menit dari Monumen Nasional (MONAS).
Stasiun Sawah Besar
Sekitar Stasiun Sawah Besar kita dapat menjumpai Central Business District terdekat dari Stasiun Sawah Besar antara lain :
a      Arena Pekan Raya JakartaArena Pekan Raya Jakarta
Merupakan Pusat Pameran Terbesar di Indonesia. Pameran yang diselenggarakan disini antara lain pameran barang-barang elektronik, pameran wedding, pameran handicraft, pameran kendaraan bermotor, dll.
1.      Buka Jam : Selasa - Kamis : 15:30 - 10:00, Jumat - Minggu : 10:00 - 23:00
2.      Harga Tiket Masuk : Selasa - Kamis : Rp. 25.000 , Jumat - Minggu : Rp. 30.000 untuk lansia (60 tahun keatas) tidak dikenakan biaya
3.      Perkiraan waktu tempuh : 15 menit dari Stasiun Sawah Besar.
Stasiun Jakarta Kota
Sekitar Stasiun Jakarta Kota kita dapat menjumpai tempat wisata terdekat dari Stasiun Jakarta Kota adalah komplek Kota Tua yang terdapat berbagai museum antara lain :
a.       Museum Bank Mandiri
Museum-Bank-Mandiri
         Merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan. Koleksi museum terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan "tempo doeloe" dan perkembangannya, koleksi yang dimiliki mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brandkast, dan lain-lain. Koleksi perlengkapan operasional bank "tempo doeloe" yang unik, antara lain adalah peti uang, mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, seal press, safe deposit box maupun aneka surat berharga seperti bilyet deposito, sertikat deposito, cek, obligasi, dan saham. Di samping itu, ornamen bangunan, interior dan furniture museum ini masih asli seperti ketika didirikan.
1.      Jam Buka : Selasa - Minggu : 09:00 - 16:00, Senin dan hari libur nasional : Tutup
2.      Harga Tiket Masuk : Dewasa : Rp. 2.000, Grup Dewasa minimal 20 Orang : Rp. 1.000 nasabah pemegang kartu Bank Mandiri, mahasiswa, Pelajar dan anak-anak : Gratis.
3.      Perkiraan waktu tempuh : Terletak tepat di seberang stasiun kereta api Kota (Beos). 15 menit dari Stasiun kereta api Gambir. 30 menit dari bandara Soekarno - Hatta.
b.      Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia
        Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia. Koleksi yang terdapat pada Museum BI antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan secara menarik.
1.      Jam Buka : Selasa - Jumat : 09.00 – 15.30, Sabtu – Minggu : 09.00 - 16.30, Senin dan hari libur nasional : Tutup
2.      Harga Tiket Masuk : Gratis
3.      Perkiraan waktu tempuh : Terletak tepat di seberang stasiun kereta api Kota (Beos). 15 menit dari Stasiun kereta api Gambir. 30 menit dari bandara Soekarno - Hatta.
c.       Museum Fatahillah
Museum Fatahillah
        Merupakan bekas kantor Gubernur Jenderal Belanda, museum yang dikenal dengan nama Museum Fatahillah ini menyajikan sejarah dan budaya kota Jakarta, mengoleksi replika prasasti zaman kerajaan, perabotan peninggalan zaman Belanda, hingga benda kebudayaan Jakarta masa kini.
1.      Jam Buka : Selasa - Minggu : 09:00 - 16:00, Senin dan hari libur nasional : Tutup
2.      Harga Tiket Masuk : Dewasa : Rp. 2.000, Grup Dewasa minimal 20 Orang : Rp. 1.000
3.      Perkiraan waktu tempuh : Terletak tepat di seberang stasiun kereta api Kota (Beos). 15 menit dari Stasiun kereta api Gambir. 30 menit dari bandara Soekarno - Hatta.
d.      Museum Wayang
Museum Wayang
        Berada di dalam kawasan Kota Tua, tepatnya di sisi barat Taman Fatahillah, museum ini mengoleksi berbagai jenis boneka wayang dan topeng yang dikenal di Indonesia. Selain itu, puluhan boneka wayang dari mancanegara juga ikut meramaikan koleksi museum wayang ini.
1.      Jam Buka : Selasa - Minggu : 09:00 - 16:00, Senin dan hari libur nasional : Tutup
2.      Harga Tiket Masuk : Dewasa : Rp. 2.000, Grup Dewasa minimal 20 Orang : Rp. 1.000
3.      Perkiraan waktu tempuh : Terletak tepat di seberang stasiun kereta api Kota (Beos). 15 menit dari Stasiun kereta api Gambir. 30 menit dari bandara Soekarno - Hatta.
 
 
e.       Museum Seni Rupa dan Keramik
Museum Seni Rupa Indonesia
Museum ini mengoleksi berbagai jenis karya seni rupa seperti lukisan dan patung karya seniman Indonesia ternama. Selain itu, museum ini juga mengoleksi berbagai jenis keramik dari penjuru nusantara dan mancanegara, termasuk juga keramik tua sejak zaman Majapahit.
1.      Jam Buka : Selasa - Minggu : 09:00 - 16:00, Senin dan hari libur nasional : Tutup
2.      Harga Tiket Masuk : Dewasa : Rp. 2.000, Grup Dewasa minimal 20 Orang : Rp. 1.0003.      
3.    Perkiraan waktu tempuh : Terletak tepat di seberang stasiun kereta api Kota (Beos). 15 menit dari Stasiun kereta api Gambir. 30 menit dari bandara Soekarno - Hatta
 
Apabila kita menggambil rute dari stasiun universitas indonesia, menggunakan commuterline menuju arah bogor di peron jalur 2 dengan rute berikut, maka: Universitas Indonesia → Pondok Cina → Depok Baru → Depok → Citayam → Bojonggede → Cilebut → Bogor. dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1 jam akan mencapai.:
1.     Kebun Raya Bogor
kebun raya bogor
kebun raya bogor
a.       Khusus hari jumat (08.00-16.00 Wib). sabtu, minggu dan hari libur tutup.
b.      Khusus hari sabtu, minggu dan hari libur tutup(08.00-17.00 Wib). 
c.       Tiket masuk: Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 106 Tahun 2012, Tanggal 24 Desember 2012, mulai 1 Maret 2013 berlaku tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor sebagai berikut : 
1.      Tiket Masuk Rp. 14.000,- / orang.
2.      Tiket Khusus Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang.
3.      Kendaraan Keliling Roda 4 Rp. 30.000,-.
4.      Parkir Kendaraan Roda 2 Rp. 5.000,-.
5.      Tiket Sepeda Keliling Rp. 5.000,-.
6.      Tiket masuk sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja Distribusi Pemkot dan Masuk Museum Zoologi. 
Museum Zoologi
museum zoologi
museum zoologi
Kebun Raya Bogor, juga dikenal dengan nama Bogor Botanical Garden atau Kebun Botani Bogor, merupakan kawasan wisata sekaligus pusat konservasi tanaman terbesar di kota Bogor. Berbagai jenis tanaman dari seluruh Nusantara dan luar negeri dapat ditemukan di kebun botani ini. Dari seluruh tanaman yang terdapat di Kebun Raya Bogor, banyak di antaranya merupakan jenis tanaman langka atau tanaman yang usianya sudah lebih dari 100 tahun. Kebun Raya Bogor juga memiliki padang rumput yang luas yang terlindung pohon-pohon rindang sehingga cocok untuk berpiknik. Kebun Raya Bogor sebenarnya telah ada sejak abad ke-15 pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja. Namun, peresmian pembangunan Kebun Raya Bogor baru berlangsung pada tanggal 18 Mei 1817 oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen atas saran dari ilmuwan Jerman bernama Prof. Caspar George Carl Reinwardt. 
Kebun Raya Bogor menjadi rumah dari sekitar 13.697 spesimen tanaman yang berasal dari Indonesia dan luar negeri. Dari seluruh koleksi tanaman di Kebun Raya Bogor, yang paling menarik perhatian wisatawan adalah Amorphophalus titanum. Tanaman ini lebih populer dengan sebutan bunga bangkai karena bau busuk yang dikeluarkannya saat mekar. Diambil dari wilayah Jambi dalam bentuk umbi seberat 100 kg, tinggi bunga bangkai saat mekar bisa mencapai 2 meter atau lebih. Bunga bangkai tercatat sebagai jenis tanaman langka yang hanya terdapat di wilayah Indonesia 
Amorphophalus titanum
Amorphophalus titanum
 
Lokasi Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor berada di jantung kota Bogor, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju Kebun Raya Bogor dapat mengunakan beberapa transportasi jika mengunakan kereta turun di stasiun Bogor kemudian naik angkot 03 dan berhenti di Pintu Utama 2. Jika tak mau menggunakan kereta, wisatawan juga bisa naik bus jurusan Bogor lalu disambung dengan angkot dari terminal. Menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih mudah dan cepat. Wisatawan yang menggunakan mobil bisa melewati jalan tol Jagorawi lalu keluar di gerbang akhir km 42 tujuan Bogor Kota dan Kebun Raya. 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kelompok 2 passassi Travel UI 2011 oleh dosen kami Bpk Osman Arofat. (nama kelompok: Putri Ayu Ningsih, Desi Karlina, Yohanna Hamidah, TB Akbar Abimanyu dan Andreano

%d blogger menyukai ini: